LAPORAN KEUANGAN

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

 Pengertian Laporan Keuangan dari sudut pandang berbagai ahli :

  1. Dalam Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Laporan Keuangan adalah : “Laporan yang menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya”. (IAI, 2002 : par 47).
  2. Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, dalam buku Analisis Laporan Keuangan  (2002:63), Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan.

Dapat ditarik kesmpulan bahwa Laporan Keuangan adalah laporan yang memberikan informasi atau menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan pada jangka waktu tertentu serta menggambarkan kinerja manajemen suatu perusahaan apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN

Tujuan umum dari laporan keuangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai sumber-sumber ekonomi, kewajiban, serta modal suatu perusahaan.
  2. Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi bersih/netto suatu perusahaan yang timbul dari aktivitas0aktivitas usaha dalam rangka memperoleh laba.
  3. Memberikan informasi keuangan untuk membantu para pemakai laporan dalam mengestimasi/memperkirakan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
  4. Memberikan informasi penting lainnya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi dan kewajiban, seperti informasi mengenai aktivitas pembelanjaan dan penanaman.
  5. Mengungkapkan sebanyak mungkin informasi lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pengguna laporan, seperti informasi mengenai kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan.

JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN

1. Neraca (Balance Sheet)

Neraca adalah suatu laporan yang menggambarkan mengenai jumlah aktiva, hutang, serta modal suatu perusahaan pada saat tertentu. Neraca dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu:

  • Neraca Staffel/Report Form

Neraca ini dilaporkan satu halaman vertical. Disebelah atas dicantumkan total aktiva dan dibawahnya disajikan pos kewajiban dan pos modal.

  • Neraca Skontro/Account Form

Disini aktiva disebelah kiri dan kewajiban serta modal ditempatkan disebelah kanan, sehingga penyajiannya sebelah menyebelah.

2. Laporan Laba/Rugi

Laporan laba/rugi merupakan laporan keuangan yang berisi informasi tentang aktivitas usaha perusahaan dengan memperhitungkan pendapatan dan beban selama periode tertentu sehingga dapat ditentukan laba atau rugi. Laporan laba/rugi dapat disusun dalam bentuk single step dan multiple step.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal berisi informasi mengenai modal awal, laba atau rugi perusahaan, prive dan modal akhir.

4. Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas menyajikan informasi tentang perubahan atau aliran kas selama satu periode akuntansi. Dan perubahan arus kas tersebut terjadi karena adanya penerimaan dan penggunaan kas.

5.Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan meliputi penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran, Neraca dan Laporan Arus Kas.

KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

            Laporan keuangan harus dibuat dengan baik dan benar , karena ini menyangkut kepentingan banyak pihak. Syarat penyusunan laporan keuangan sebagai berikut :

  1. Informasi harus lengkap
  2. Bersifat netral
  3. Harus tepat waktunya
  4. Bisa dimengerti
  5. Isi laporan harus relavan

Sumber:

http://romannurbawastore.wordpress.com/2012/05/06/pengertian-laporan-keuangan-menurut-pakar-ahlinya/

http://tugasdessy.blogspot.com/2013/03/tugas-softskill-1-analisis-laporan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s