SISTEM AKUNTANSI BELANDA

Penerapan IFRS di Belanda

Belanda terletak di wilayah Eropa Barat. Di sebelah timur berbatasan dengan Jerman, Selatan dengan Belgia dan untuk bagian utara dan barat dibatasi oleh Laut Utara. Belanda merupakan salah satu negara maju terkecil di dunia dengan bentuk Negara Monarki konstitusional. Belanda dipimpin oleh seorang raja atau ratu sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh seorang perdana menteri. Masyarakat Belanda sangatlah multikultur, orang Belanda sangat terbiasa berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang dari negara lain dari seluruh dunia. Budaya yang beragam menyebabkan Belanda menjadi negara pertemuan ilmu pengetahuan, ide-ide, dan budaya dari seluruh dunia. Di era globalisasi ini, bisnis didunia telah berkembang sangat pesat, hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya pendatang-pendatang baru didalam dunia bisnis. Persaingan yang muncul antar perusahaan dirasa semakin ketat, dengan begitu kebutuhan akan informasi keuangan yang memiliki standar tinggi dalam kualitas pelaporannya, yang memiliki ketepatan waktu, keakuratan dan yang dapat diandalkan menjadi semakin tinggi diperlukan oleh setiap perusahaan bisnis. Pada 1 Januari 2005, ketika Uni Eropa mewajibkan perusahaan publik untuk menyajikan laporan keuangan konsolidasi sesuai dengan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS).

Pelaksanaan Akuntansi

Akuntansi di Belanda memiliki beberapa paradoks yang menarik. Belanda merupakan negara hukum kode, akuntansi di Belanda berorientasi pada kewajaran penyajian.
Regulasi akuntansi di Belanda tetap bersifat liberal hingga munculnya Act on Annual Financial Statement pada tahun 1970. Undang-undang tersebut merupakan bagian dari program perubahan yang ekstensif dalam legislasi perusahaan dan sebagian diperkenalkan untuk menggambarkan keselarasan undang-undang perusahaan yang akan datang dalam Uni Eropa. DASB merupakan organisasi swasta yang didanai oleh bantuan dari komunitas bisnis dan profesi audit. Aktifitasnya diatur oleh Foundation for Annual Reporting (FAR). Authority for the Financial Markets (AMF) Belanda mengawasi operasi bursa saham. Eterprise Chamber, sebuah dewan khusus yang berhubungan dengan High Court of Amsterdam, merupakan sebuah keistimewaan khusus dari sistem Belanda dalam melaksanakan kepatuhan persyaratan akuntansi. Audit merupakan sebuah profesi dengan aturan sendiri di Belanda. Dewan pengaturnya adalah Netherlands Institute of Registeraccountants(NIvRA), yang memiliki sekitar 14.000 anggota.

Regulasi akuntansi di Belanda tetap bersifat liberal hingga munculnya Act on Annual Financial Statements pada tahun 1970 yang berisi :

  1. Laporan keuangan tahunan harus menunjukkan gambaran yang jelas dari posisi keuangan dan hasil tahun tersebut, dan semua artikelnya harus dikelompokkan dan dijelaskan dengan tepat.
  1. Laporan keuangan harus disusun berdasarkan praktik bisnis yang aman.
  2. Dasar-dasar untuk penulisan asset dan utang serta untuk menentukan hasil operasi harus diungkapkan.
  3. Laporan keuangan harus disusun pada dasar yang konsisten, dan pengaruh material dari perubahan dalam prinsip-prinsip akuntansi harus diungkapkan dengan tepat.
  4. Informasi keuangan yang komparatif untuk periode terdahulu harus diungkapkan dalam laporan keuangan dan catatan kaki yang menyertainya.

Laporan Kaeuangan

Kualitas laporan keuangan Belanda sangat tinggi. Laporan keuangan yang menurut undang-undang harus disimpan di Belanda, tapi Inggris, Prancis, dan Jerman juga bisa memakainya, laporan keuangan harus meliputi hal-hal berikut:

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Catatan
  4. Laporan direktur
  5. Informasi lain yang sudah ditentukan

Pengukuran Akuntansi

  1. Goodwill dikapitalisasi dan diamortisasi
  2. Persediaan dinilai dengan FIFO, LIFO atau rata-rata
  3. Semua asset tidak berwujud memiliki usia terbatas.
  4. Biaya riset dan pengembangan hanya dikapitalisasi ketika jumlahnya bisa ditutup kembali.
  5. Pajak penghasilan yang ditangguhkan diakui berdasarkan konsep alokasi yang komprehensif.

sumber :

https://farahisna.wordpress.com/2015/04/06/ifrs-dalam-uni-eropa/

http://pandri-16.blogspot.co.id/2012/05/sejarah-awal-berdiri-negara-belanda.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s